Tentang Kami

Guhabau Bodyrafting



Guhabau Bodyrafting merupakan suatu wadah untuk melakukan kegiatan tantangan alam berupa arung jeram tanpa perahu dengan media badan sebagai sarana untuk mengarungi jeram dengan menggunakan perlengkapan komplit mulai dari helem, pelampung, pengaman lutut, betis dan sepatu karang atau sandal gunung yang di selenggarakan di aliran sungai Cijulang. berlokasi di Desa Wisata Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat atau lebih di kenal dengan nama Green Canyon (Cukang Taneuh) sekitar 31 km dari Pangandaran.

Guhabau Bodyrafting di kelola oleh Desa Wisata Kertayasa, kepengurusan ditangani oleh masyarakat dengan pola pemberdayaan masyarakat sesuai dengan program yang di canangkan oleh pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Kepengurusan dari Guhabau Bodyrafting ini di pilih dan atau di tunjuk oleh Desa sebagai komisaris utama dengan persetujuan dari masyarakat melalui musyawarah dan mufakat bersama. Masa kerja dari pengurus ini diatur dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADART) Kelompok.

Guhabau Bodyrafting ini berdiri pada tahun 2009, dan sebenarnya sudah di rencanakan sebagai wisata alternatif di green canyon tidak hanya wisata arung jeram, camping ground, wisata mancing dan outbond juga turut di kembangkan sebagai penunjang dari wisata sungai. Bahkan masyarakat secara umum juga dilibatkan di dalamnya sesuai dengan konsep awal yaitu pemberdayaan masyarakat. Namun pada awal pendiriannya sempat mendapat beberapa kendala diantaranya untuk mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. Pembentukan konsep ini untuk benar-benar menjadi nyata membutuhkan kesabaran dan keyakinan yang kuat.

 Dan mengapa nama GUHABAU yang di ambil dan di jadikan nama kelompok Bodyrafting. Tidak gampang memang untuk menentukan dan memilih sebuah nama yang sarat makna. Salah satu alasan adalah karena GUHABAU secara geografis terletak di desa Kertayasa yang tidak asing lagi. Alasan lainnya Guhabau terdiri dari dua suku kata yaitu Guha yang artinya Goa dan Bau. Guha ini letaknya pas di bibir sungai dan untuk menjangkaunya harus hati-hati karena cukup berbahaya. Jauh sebelum cukang taneuh (green canyon) di jadikan tempat wisata,Guhabau terlebih dulu sering di datangi oleh masyarakat sekitar untuk mengambil pupuk organik dari kotoran kelelawar yang jumlahnya sampai tonnan. Dan Bau artinya guhabau memiliki ciri yang khas yaitu bau sangat menyengat yang berasal dari kotoran kelelawar, yang bisa tercium dari jarak yang sangat jauh. Jadi nama GUHABAU di harapkan walaupun di awal pembentukannya tidak mudah bisa memberi manfaat bagi masyarakat banyak dan bisa tercium ke berbagai belahan Dunia.

Sesuai dengan perkembangannya maka pada tanggal 1 April 2010 Kelompok Guha Bau Body Rafting ini secara resmi di dirikan oleh Desa Kertayasa dengan dukungan dari masyarakat secara umum dan Pemerintah Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata.

Guhabau Bodyrafting memiliki sekretariat sebagi pusat pengendali dari semua kegiatan bertempat di Parkir Timur Dermaga Cukang Taneuh (Green Canyon). Memiliki pemandu yang berkompeten untuk mendampingi wisatawan di sungai dan di darat termasuk leader dalam perjalanan arung jeram.

Sarana penunjang dari kegiatan ini Guhabau Bodyrafting memiliki 1 unit perahu dengan mesin berkekuatan 15 pk di pergunakan sebagai alat angkut untuk memenuhi kebutuhan transportasi, akomodasi dan evakuasi.

Komentar

  1. Kami dari MAP700 selaku perusahaan pembuat peta peta wisata utk seluruh objek di Indonesia, tertarik untuk menerbitkan peta berjudul GREEN CANYON MAP700.

    Kiranya niat tsb bisa direalisasikan tahun ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARGA PAKET GUHA BAU BODY RAFTING GREEN CANYON

Penginapan Sekitar Green Canyon

WATER TUBING GREEN CANYON

TESTIMONI